top of page

Rosario Keliling ala Lingkungan St. Damianus

Berdoa Rosario sambil keliling berjalan kaki, dari rumah ke rumah. Itulah yang dilakukan oleh umat Lingkungan Santo Damianus, Wilayah 1, selama bulan Mei 2022, bulan Maria. "Kali ini kita adakan sebanyak sembilan kali, supaya kita bisa mendoakan Novena Tiga Salam Maria juga," ujar Yurita Tjahaja, Sang Ketua Lingkungan.


Ada lima rumah yang mewakili lima Peristiwa dalam Doa Rosario. Setelah renungan Peristiwa Rosario dibacakan, umat lalu berjalan menuju rumah berikutnya, sambil mendaraskan 10 kali Salam Maria. Kegiatan serupa sudah pernah dilakukan di bulan Oktober 2021 lalu. Saat itu Doa Rosario diadakan sebanyak 4 kali saja, menimbang kondisi Pandemi Covid-19 pada masa itu.


Novena Tiga Salam Maria rupanya juga menjadi pengikat. Di pertemuan yang ke-5 atau ke-6, salah satu umat, Betara Hendro Cahyono mengalami bentrok dengan jadwal sebuah rapat daring. Namun Ebet, panggilan akrabnya, memilih untuk mengikuti Doa Rosario. "Saya sudah ikut Doa Rosario dan Novena dari awal, sayang kalau harus putus doanya," kata Ebet.


Kegiatan Rosario Keliling ini mendapat sambutan baik dari umat Lingkungan Santo Damianus. Hampir semua rumah umat mendapat giliran sebagai tempat singgah patung Bunda Maria. Anak-anak kebagian tugas membawa lilin, salib dan patung Bunda Maria. Yang OMK mendapat tugas membaca renungan Peristiwa Rosario. Rata-rata sekitar 30 orang umat yang mengikuti Rosario Keliling ini. Bahkan Opa Daryanto Lukman yang berusia 88 tahun pun mau ikut berjalan keliling, sambil membawa tongkatnya.


Semoga kegiatan sederhana ini menjadi pengalaman rohani, khususnya bagi anak-anak, yang akan menjadi kenangan indah di masa kanak-kanak mereka, menumbuhkan cinta kepada Bunda Maria. Per Marian ad Jesum, melalui Maria menuju Yesus.









275 views

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page