Komper.JPG

Sakramen Ekaristi

Komuni Pertama

Sakramen Ekaristi Komuni Pertama merupakan salah satu dari tiga sakramen inisiasi yakni: sakramen Baptis, Ekaristi dan Krisma.

Sakramen Ekaristi

Disebut sakramen inisiasi karena ketiga sakramen ini yang menghantar umat beriman untuk sungguh mengambil bagian secara penuh dan utuh dalam tugas-tugas Kristus di dunia ini yang di dalamnya seseorang dilihat pengorbanan dirinya, kedewasaannya sebagai pengikut Kristus. Oleh karena itu, ketika seseorang menerima sakramen Ekaristi, pada saat yang sama orang beriman dimasukkan dalam misteri keselamatan Allah dalam diri Kristus yang mengorbankan dirinya bagi keselamatan manusia dengan wafat dan bangkitNya dan juga lewat kesediaanNya menjadikan diriNya sebagai makanan dan minuman (tubuh dan darah Kristus) bagi kehidupan manusia (bdk. Luk 22:19-20). Oleh karena itu, sakramen Ekaristi sebagaimana makna asal katanya “eukaristein” adalah perayaan syukur karena kita disatukan (satu tubuh dan satu darah) dengan Kristus ketika kita menyambut Tubuh dan Darah Kristus sehingga kita diselamatkan (Bdk Yoh 6: 56-57, Yoh 15: 4-5), meskipun pada saat yang sama di dalamnya kita mengenangkan pengorbanan diri Kristus yang sangat mengerikan itu.

Adapun makna dan tujuan dari penerimaan sakramen Ekaristi yakni orang beriman disatukan secara utuh dan penuh dengan diri Kristus yang mengorbankan diriNya secara penuh bagi keselamatan manusia sehingga kita semua menyatu dengan Kristus ketika hidup, mati maupun bangkit. Sebab dalam sakramen  Ekaristi, mengalirlah semua rahmat Allah yang diperlukan oleh manusia untuk hidup atau menjadi sumber dan puncak hidup kristiani (bdk. LG 11). Dengan demikian ketika menerima sakramen Ekaristi, orang beriman disatukan dengan Kristus kepala tubuh dan di sana semua orang beriman disatukan dengan Tubuh Kristus, sumber keselamatan, sumber hidup kita.

Informasi Pendaftaran

AR. Windijatmoko

Sie Katekese

sie.katekese@santo-laurensius.org​