Pesta Nama Lingkungan Santo Cosmas dan Santo Damianus

Santo Cosmas dan Santo Damianus adalah saudara kembar yang lahir dari orang tua Kristen di Arabia, pada abad ketiga. Mereka tinggal di wilayah sekitar perbatasan antara Turki modern dan Suriah. Mereka berdua adalah dokter yang terkenal karena memberikan pengobatan tanpa biaya alias gratis. Mereka menjadi martir pada masa pemerintahan Kaisar Diokletianus. Santo Cosmas dan Santo Damianus adalah pelindung para dokter dan apoteker, dan pestanya dirayakan setiap tanggal 26 September.


Kedua santo kembar ini menjadi pelindung bagi dua lingkungan yang berada di Cluster Sutera Delima, Alam Sutera. Kondisi pandemi Covid-19 yang sudah mulai mereda membuat Pengurus Lingkungan berani mencoba untuk mengadakan Misa Syukur secara on-site di hari Pesta Santo Cosmas dan Santo Damianus. Dan warga kedua Lingkungan ternyata menyambut dengan antusias. Kurang lebih 80 orang hadir mengikuti Misa Syukur yang dipimpin oleh Rm Hadi Suryono ini.


Saat homili, Rm Hadi mengundang Oma Christina Masli, seorang warga yang baru pindah sekitar empat bulan lalu dan menjadi warga Lingkungan Santo Damianus, untuk maju ke depan altar. Tanpa ragu, Oma Christin pun maju. Saat ditanya oleh Rm Hadi, "Oma bisanya apa, bisa menyanyi?" Oma Christin pun mengangguk, "Bisa Romo." Tanpa diduga, Rm Hadi meminta Oma Christin untuk menyanyi dan disanggupi oleh Oma Christin. Menutup homilinya, Rm Hadi berpesan, agar umat Lingkungan Santo Cosmas dan Santo Damianus senantiasa bersedia menanggapi ajakan untuk hidup meng-Gereja, seperti Oma Christin yang langsung berani maju ketika diminta.


Seusai Misa Syukur dilanjutkan dengan perkenalan para calon Ketua Lingkungan untuk periode 2023-2026, yang proses pemilihannya sedang berlangsung saat ini. Juga disampaikan ajakan untuk membeli Kupon Panitia Pembangunan Gereja (PPG) Santa Perawan Maria Benteng Gading. Ada program khusus malam itu, bagi umat yang membeli kupon dengan jumlah tertentu, akan mendapatkan sebuah rosario yang sudah diberkati oleh Rm Hadi Suryono.




390 views

Recent Posts

See All