Misa Bersama Umat Berkebutuhan Khusus

Misa hari Minggu, 10 Juli 2022 pukul 08:30 pagi di Gereja Santo Laurensius adalah misa bersama umat berkebutuhan khusus (disingkat UBK). Sejalan dengan Ardas KAJ, di mana tahun 2022 ini dijadikan sebagai Tahun Penghormatan Martabat Manusia, Gereja Santo Laurensius menyatakan sebagai Gereja yang ramah dan terbuka bagi umat berkebutuhan khusus. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk misa rutin bersama UBK setiap hari Minggu pukul 08:30 pagi di minggu kedua setiap bulan.


Bangku umat di depan telah disiapkan bagi para UBK. Tak hanya menjadi umat, beberapa dari UBK ini juga dilibatkan sebagai petugas liturgi, yaitu sebagai Lektor dan Pemazmur. Lektor untuk Bacaan Pertama dalam misa kali ini adalah seorang umat Tuli. Pemazmur adalah seorang tuna netra. Demikian juga dengan Lektor untuk Bacaan Kedua adalah seorang tuna netra. Mereka yang tuna netra ini mempersiapkan diri dengan cara menghafal ayat Mazmur dan perikop kitab suci yang dibacakan.


Tedy, seorang umat Tuli dari Paroki Tangerang, merasa senang bisa mengikuti misa di Gereja Santo Laurensius, sebab ada Juru Bahasa Isyarat (disingkat JBI). “Orang Tuli bisa melihat isyarat yang disampaikan, bisa paham lagi ngomong apa, bisa komunikasi, bisa bersama-sama ikut menjawab. Jadi ini membawa semangat. Kita jadi senang ke gereja,” ungkap Tedy dengan menggunakan bahasa isyarat. “Juga kita senang dikasih kesempatan ganti-gantian tugas menjadi JBI, sehingga banyak orang bisa ikut terlibat. Kita jadi merasa setara. Kita bisa sama-sama menjawab ‘Amin’ dengan gerakan tangan, tanpa merasa malu.”

Yohanes Berchman Hendra Purnama, seorang umat Tuli dari Paroki Karawaci juga menyatakan hal yang senada. Ia merasa senang bisa mengikuti misa bersama UBK ini. “Saya senang bisa mengikuti misa bersama sesama teman Tuli, bisa bersama-sama menjawab dan bernyanyi, sampai merasa merinding. Kalau tidak ada teman, saya diam saja, dan merasa percuma datang ikut misa ke gereja,” ujar Hendra. “Saya merasa semakin sempurna dengan mengikuti misa di sini. Saya bersyukur dan bahagia.”


Para Teman Tuli turut menyanyikan Kemuliaan


-----

243 views

Recent Posts

See All