top of page

Healing Ala Ziarek ke Jawa Tengah

Sinar matahari belum menampakkan dirinya. Namun, sebanyak 43 orang rela bangun pagi-pagi dan berkumpul di depan Cluster Sutera Delima, Alam Sutera, pada hari Sabtu, 25 Juni 2022 lalu. Di tempat itu telah menanti sebuah bus dan tepat pukul lima pagi, peserta Ziarek Lingkungan Santo Cosmas dan Damianus ini berangkat menuju Jawa Tengah untuk melakukan ziarah ke tiga Goa Maria dan sekaligus rekreasi ke Kota Semarang.

Tempat pertama yang dituju adalah Taman Rohani Jati Segara Wening, yang terletak dalam Kompleks Gereja Santo Yosef Mejasem, Kabupaten Tegal. Di tempat ini, kami melakukan Jalan Salib mengelilingi taman dan diakhir dengan doa pribadi di depan patung Bunda Maria. Kami tidak berlama-lama di sana. Setelah rehat sejenak sambil menikmati teh manis khas Kota Tegal, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Kota Ambarawa.

Sekitar pukul setengah empat sore, kami pun tiba di Goa Maria Kerep Ambarawa. Di tempat ini kami berdoa secara pribadi. Masing-masing dari kami dibebaskan untuk mengeksplorasi kompleks yang cukup luas tersebut. Tepat pukul lima sore, kami melanjutkan perjalanan menuju hotel di Kota Semarang. Malam hari adalah acara bebas. Ada yang belanja oleh-oleh, kebetulan hotel kami di Jalan Pandanaran, sehingga kami tinggal menyeberang untuk membeli oleh-oleh. Ada pula yang pergi kuliner makanan khas Kota Semarang, terutama di sekitaran Simpang Lima.

Goa Maria Kerep Ambarawa

Ada perubahan acara. Menurut rencana awal, kami akan mengadakan misa di Goa Maria Pereng, pada hari Minggu siang. Panitia sudah menghubungi seorang Romo untuk memimpin misa bagi kami. Pada hari Jumat, sehari sebelum kami berangkat, kami mendapat kabar bahwa Romo sakit, sehingga tidak dapat memimpin misa bagi kami. Panitia pun mencoba mencari Romo pengganti, namun mengalami kesulitan karena waktu yang cukup mepet. Akhirnya, panitia mengubah susunan acara dan menyarankan peserta untuk mengikuti Misa Hari Minggu di Gereja Katedral Semarang, sekitar 10 menit berjalan kaki dari hotel tempat kami menginap. Alternatif yang lain adalah mengikuti Misa secara online di kamar masing-masing. Beberapa dari kami kemudian mengikuti Misa Minggu di Gereja SPM Ratu Rosario Suci Katedral Semarang.

Tepat pukul 09.30 pagi, kami semua sudah bersiap di dalam bus, untuk menuju Kota Salatiga, tepatnya mengunjungi Goa Maria Pereng Getasan. Kompleksnya cukup luas. Ketika kami tiba di sana, ada rombongan lain yang sudah lebih dahulu tiba dan tengah melakukan Jalan Salib dengan menggunakan Bahasa Jawa.

Goa Maria Pereng Getasan, Salatiga

Dari Goa Maria Pereng Getasan, kami menuju tempat wisata Dusun Semilir untuk makan siang. Tempat wisata ini ramai sekali, area parkir penuh dengan mobil dan juga beberapa bus rombongan. Mungkin karena hari Minggu dan juga liburan sekolah membuat tempat wisata ini ramai. Seusai makan, kami berfoto-foto sejenak, lalu pukul 15:00 kami melanjutkan perjalanan, kembali ke Serpong.

Perjalanan pulang sedikit terhambat, karena ada kecelakaan lalu lintas di jalan tol. Namun, kami semua menikmati perjalanan pulang tersebut. “Healing” yang telah dilalui selama dua hari membuat mood kami semua tetap santai dan gembira, hingga tiba di Serpong pukul 01:30 pagi. Syukur kepada Tuhan atas perlindungan-Nya selama perjalanan kami ini.