REFLEKSI 2022: Melayani dengan Kasih

Perayaan Ekaristi Minggu, 30 Januari 2022 pukul 08.30 lalu mengambil kesempatan pula untuk melantik para ketua seksi dan bagian baru dalam jajaran kepengurusan Paroki Alam Sutera. Dalam kesempatan itu, Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) RD Samuel Pangestu berpesan pada para pengemban tanggung jawab baru itu: melayanilah dengan kasih.



“Menjadi kepala bagian, menjadi kasie, menjadi apapun dengan aktif di Gereja, kalau enggak meletakkan aktivitas kita, apapun, perkataan kita, kalau enggak ada kasih, ya untuk apa?” ujar Romo Samuel dalam homilinya. Bercermin pada apa yang dituliskan oleh Rasul Paulus kepada jemaat di Korintus sebagai bacaan kedua pada perayaan Ekaristi tersebut, kasih seharusnya menjadi pilihan utama dan mendasar dalam melaksanakan pelayanan apapun. Homili ini menjadi pengingat yang sangat penting beberapa saat sebelum para Ketua Seksi dan Kepala Bagian baru yang telah terpilih dilantik secara resmi. Pengalungan kalung salib dan penyerahan surat tugas menjadi tanda akan sebuah tanggung jawab besar yang diemban dalam iman kepada Kristus setidaknya selama tiga tahun ke depan.



Namun, segala macam usaha dan dedikasi tidak akan berarti jika tidak dilandaskan pada kasih. Hal ini pula yang menjadi poin utama dalam pembekalan yang langsung dilaksanakan usai Misa, bertempat di Ruang Sukacita Gedung Karya Pastoral (GKP) Paroki Alam Sutera, hingga pertemuan berakhir sekitar pukul 11.30. Pada pembekalan pertama para Ketua Seksi dan Kepala Bagian baru tersebut, pengurus diingatkan kembali pada dasar-dasar mengemban pelayanan di Gereja. Romo Hadi selaku Pastor Kepala Paroki dan Romo Samuel sebagai Vikjen KAJ mengingatkan kembali pada setidaknya dua poin. Bahwa pelayanan harus dimulai dari ketaatan pada panggilan Tuhan, yang terwujud pula pada ketaatan terhadap hierarki Gereja dan paroki. Selain itu, kini saatnya para pelayan, mau jadi kepala apapun itu, sudah saatnya mendengarkan keinginan dan keresahan umat. Di tengah pandemi Covid-19 yang tengah merebak, Gereja harus menjadi sumber ketenangan dan keteduhan. Spiritualitas umat terutama harus menjadi perhatian. Tidak lupa pula pada dasar yang paling utama, hukum utama dari ajaran Kristiani, yaitu kasih.


Selamat melayani, para Ketua Seksi dan Kepala Bagian yang baru. Tuhan memberkati kita semua, dalam kasih dan rahmat-Nya kita dimampukan!



Penulis: Michael Jason/ Komsos Paroki

Foto: Nicholaus Dony/ Komsos Paroki



62 views

Recent Posts

See All