Ikut "Emmaus Journey" Untung atau Rugi?

“Ikut EJ untung atau rugi ya?”

Pertanyaan yang spontan timbul ketika mendengar homili Romo Victorius Rudy Hartono, ketika beliau memimpin Perayaan Ekaristi membuka Angkatan ke 21 Kelompok Spiritualitas Kitab Suci Emmaus Journey, pada hari Sabtu, 2 Juli 2022 di Ruang Sukacita, GKP Gereja St. Laurensius, Paroki Alam Sutera.

Romo Rudy dalam homilinya berulang kali mengatakan tidak ada ruginya! Tidak rugi ikut EJ!

Romo Rudy membuka penjelasannya dengan mengatakan beberapa kutipan sebagai berikut,

“Saya belajar bukan untuk sekolah itu saja, tapi untuk kehidupan!”

“Kita sekolah, kita banyak belajar, itu semua supaya perpektif hidup kita lebih luas.”

“Firman Tuhan itu harus menjadi andalan, dasar kekuatan kita orang beriman.”

“Manusia tanpa doa, dia tidak mengandalkan Tuhan. Tapi manusia dengan doa, dia mengandalkan firman Tuhan.”

Dari catatan-catatan ini Romo Rudy membuka Kelompok EJ 21 Paroki Alam Sutera.

Secara guyon, Romo Rudy meminta agar Panitia mengambil foto wajah-wajah peserta baru. “Untuk apa? Tanpa disuruh pun mereka sudah berfoto-ria.”

“Untuk kita lihat ‘Before and After’nya.” jawab Romo.

Sebelum mengikuti EJ wajah-wajah yang penuh keraguan, ketidak-mengertian akan firman Allah, dan mungkin ada yang sedang menghadapi masalah tak terpecahkan. Setelah mengikuti EJ? Apakah wajah-wajah itu mengalami perubahan? Bersinar-sinar, ceria, percaya diri, suka membantu, penuh kasih, dan penuh sukacita? Seperti itulah yang diharapkan. Semoga demikianlah nampak pada diri ‘Emmauser’ (sebutan untuk yang telah mengikuti EJ).

Seperti hasil dari kedua orang murid yang berjumpa dengan Yesus di dalam perjalanan menuju ke Emmaus (Lukas 24:13-35), demikian pula ‘Emmauser’ diharapkan dapat menularkan antusiasme iman yang berkobar-kobar, menjadi saksi-Nya dimanapun ia berada, apapun yang ia kerjakan.


Perayaan Ekaristi di akhiri dengan doa berkat untuk semua yang terlibat dalam EJ Angkatan 21 ini, Peserta, Fasilitator, Panitia, dan Pengurus Sub-seksi. Semoga semuanya mencapai tujuan yang diharapkan yaitu perubahan rohani yang benar, menuju pada kehidupan yang lebih baik.

Selamat mengikuti Kelompok Spiritualitas Kitab Suci Emmaus Journey angkatan 21. Semoga Tuhan Yesus menyertai, dan memberkati niat baik kita semua.

Salam Emmauser! Berkobar-kobar!


(LeoHAT)

145 views

Recent Posts

See All