top of page

HARI INI BELUM PRAPASKAH, TETAPI MASA PUASA

Ya, memang, sejak Rabu Abu kemarin hingga hari ini kita belum memasuki Masa Prapaskah, melainkan masih memulai hari atau Masa Puasa. Loh, kok bisa beda begitu? Kiranya masih banyak umat yang belum memahami bagaimana menghitung Masa Prapaskah dan Masa Puasa, dimulai dari mana dan berakhir di mana.


Apakah hitungan 40 hari Prapaskah sama dengan 40 hari puasa-pantang? Oh, tak sama. Banyak orang mengidentikkan begitu saja 40 hari Prapaskah dengan 40 hari puasa-pantang, padahal tidaklah demikian. Itu dua hal yang beda meski terkait erat. Quadragesima (40 hari masa Prapaskah) adalah kurun waktu berturut-turut (tidak putus-putus) tiap hari termasuk hari Minggu, hingga berjumlah 40 hari.


Dasar penghitungan adalah dokumen resmi Gereja Katolik, yaitu Litterae Circulares de Festis Paschalibus Praeparandis et Celebrandis (terjemahannya “Perayaan Paskah dan Persiapannya", disingkat PPP). Menurut PPP no. 23, awal 40 hari Prapaskah adalah Minggu I Prapaskah dan berakhir pada hari Kamis dalam Pekan Suci (PPP no. 27).


Perhitungan detailnya: Minggu I sampai V Prapaskah ada 5 x 7 hari = 35 hari. Setelah itu Minggu Palma. Dari Minggu Palma sampai Kamis Putih ada 5 hari, yaitu Minggu, Senin, Selasa, Rabu dan Kamis. Total menjadi 40 hari. Maka dari Minggu I Prapaskah sampai Kamis Putih ada 40 hari. Setelah itu masuk ke Trihari Suci Paskah.


Kalau puasa-pantang, bagaimana? Tidak mungkin berturut-turut setiap hari karena ada kebiasaan Gereja Katolik mengecualikan hari Minggu untuk berpuasa/pantang. Orang Katolik tidak berpuasa pada hari Minggu.


Kalau demikian, jumlahnya hanya 34 hari, dong? Benar, tapi itu 'kan belum termasuk dihitung tambahan dari 6 hari lainnya, yakni Rabu Abu, Kamis, Jumat, Sabtu (setelah Rabu Abu), lalu hari Jumat Agung, dan Sabtu Suci. Maka totalnya tetap 40 hari.


Dengan demikian, kalau ada orang Katolik mau berpuasa-pantang 40 hari penuh, beginilah cara hitungnya: Rabu Abu sampai Sabtu Suci minus enam hari Minggu.


ERGO ⏯ Hitungan 40 hari masa Prapaskah (Quadragesimae) menyertakan hari-hari Minggu. Sementara hitungan 40 hari puasa/pantang mengecualikan hari-hari Minggu.


NOTA BENE ⛔ Berpantang dan berpuasa pada hari Rabu Abu dan Jumat Agung. Sementara, pada hari Jumat lainnya (selama masa Prapaskah) hanya berpantang saja.


Jakarta, 16 Februari 2024

✍ Febry et Scientia

65 views

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page