top of page

BERKAT EPIFANI


Sebentar lagi, kita akan merayakan Pesta Penampakan Tuhan atau Hari Minggu Epifani. Seperti biasa, nanti setelah Misa Epifani, saya akan menuliskan dengan kapur di depan pintu rumah saya: 20 + C + M + B + 24

 

Apa itu?

 

Itu adalah sebuah tradisi di Gereja Katolik – termasuk juga dipraktikkan Anglikan, Lutheran, dan Metodis – yang disebut dengan "Berkat Epifani" (Epiphany Blessing), suatu berkat rumah tradisional yang dilakukan oleh setiap kepala keluarga Katolik. Tradisi ini dilakukan pada Hari Raya Epifani – kebetulan saat ini jatuhnya pada hari Minggu, 7 Januari 2024.

 

Dikenal juga sebagai ‘mengapuri pintu’ (chalking the door), Berkat Epifani adalah salah satu cara keluarga dan individu untuk meminta berkat Tuhan ke dalam rumah dan kehidupan keluarga sepanjang tahun. Tradisi ini secara biblis mengingatkan kembali pada kisah Musa ketika orang Israel diminta untuk mengoleskan darah domba atau kambing di tiang pintu dan di atas pintu rumah.

 

Keluaran 12:13 "Darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir."

 

Ritus pemberkatan Epifani ini sangat sederhana. Diawali dengan salam pembuka, pembacaan singkat dari kutipan Injil Matius 2:1-12, lalu penulisan simbol 20 +C +M +B +24 dengan kapur oleh seorang anggota keluarga di atas ambang pintu masuk utama rumah, dan diakhiri doa singkat bersama.

 

Berikut urutannya.

 

Semua anggota keluarga berkumpul di dekat pintu masuk utama rumah. Mulailah dengan Tanda Salib +.

 

Pemimpin: Damai sejahtera bagi rumah ini dan bagi semua yang tinggal di sini, dalam nama Tuhan.

 

Semua: Syukur kepada Allah.

 

Pembaca: Membaca kutipan Matius 2:1-12

 

Kemudian, kepala keluarga melanjutkan dengan menuliskan huruf C+M+B dengan kapur tulis pada dinding atau pintu di depan rumah atau di pintu gerbang.

 

Perlu diketahui, huruf-huruf C, M, dan B ini memiliki dua makna. Pertama, ketiga huruf menunjuk pada inisial tiga nama Raja dari Timur atau orang Majus yang bijak yang datang ke Betlehem: Caspar + Melchior + Balthasar. Hati mereka sangat bergembira waktu menemukan Maria, Yosef, dan bayi Yesus. Semoga kita juga mencari dan menemukan Kristus dalam rumah kita.

 

Makna kedua; Ketiga huruf C M B adalah singkatan dari kalimat Latin: Christus Mansionem Benedicat. Jadi, saat menuliskan C+M+B, sambil diucapkan kata-kata Christus Mansionem Benedicat atau bahasa Indonesianya “Semoga Kristus memberkati rumah ini”. Ya, Kristus memberkati rumah yang didatangi tiga raja dan pengikutnya.

 

Kemudian, dalam simbol itu, ditambahkan lagi angka dari Tahun Baru, tahun 2024.

 

Angka tahun tersebut ditulis terpisah, di depan 20 dan di belakang 24. Spasi-spasi di antara angka tahun dan ketiga huruf diisi dengan tanda salib kecil. Tanda “+” melambangkan salib, sebuah pengingat bahwa melalui sengsara, wafat, dan kebangkitan Kristus, semua rahmat mengalir di dalam keluarga.

 

Akhiri dengan doa singkat berikut ini bersama-sama seluruh keluarga:

 

Semua: Tuhan Allah langit dan bumi, Engkau telah menyatakan Putra Tunggal-Mu kepada setiap bangsa dengan bimbingan sebuah bintang. Berkatilah rumah ini dan semua yang tinggal di sini dan semua yang berkunjung. Semoga kami dilimpahi kesehatan, kebaikan hati, kelembutan, dan ketaatan pada ajaran-Mu. Penuhi kami dengan terang Kristus, agar kasih kami terhadap satu sama lain dapat disalurkan kepada semua orang. Demi Kristus, Tuhan dan perantara kami. Amin.

 

Kemudian ditutup dengan Tanda Salib +.

 

Berkat Epifani adalah cara yang luar biasa untuk melibatkan seluruh keluarga, teman, dan bahkan tetangga dengan doa keluarga yang memohon, supaya pada Tahun Baru ini Tuhan berkenan memberkati dan melindungi rumah serta keluarga ini.

 

Tulisan simbol di atas pintu itu juga akan menjadi bahan perbincangan menarik sepanjang tahun. Saat teman dan anggota keluarga datang dan pergi melewati pintu rumah, pasti akan ada selalu pertanyaan tentang rangkaian simbol unik ini.

 

Semoga tahun 2024 benar-benar diberkati. Selamat menyambut Pesta Epifani!


Ditulis oleh Febry Silaban, Penulis Buku "YHWH, Empat Huruf Suci"

Januari 2024

2,566 views

Recent Posts

See All
bottom of page