Warta Salus - 6 Maret 2022

Sabtu, 5 Maret 2022

Komsos Paroki Alam Sutera

Hari Minggu PraPaskah I

MANTAP, MAMPU MENGHADAPI SEGALA MACAM GODAAN

Pada hari Minggu Prapaskah pertama ini, Yesus ditampilkan sebagai teladan untuk pertobatan kita. Yesus yang adalah sungguh manusia, juga mengalami segala macam pencobaan seperti yang kita alami. Pencobaan-pencobaan yang dialami Yesus adalah contoh pencobaan pokok yang dialami manusia, misalnya berkaitan dengan kebutuhan yang paling mendasar yaitu makan, kepemilikan dunia dan kuasa serta mencobai Allah. Yesus dicobai tetapi tidak jatuh ke dalam dosa. Yesus mampu menang terhadap setan karena Yesus bersikap tegas tanpa kompromi. Di samping itu, Yesus sungguh hidup dari kuasa Roh dan menghayati Sabda Allah.

Yesus mampu bersikap tegas karena Dia mengandalkan Allah saja, bukan kekuatan lain. Ia menundukkan seluruh diri-Nya dalam kuasa Roh Kudus dan mengikuti dorongan-dorongan Roh. Karena Yesus mengandalkan Sabda Allah, maka setan pun menggunakan Sabda Allah untuk mencobai-Nya. Sikap Yesus yang sungguh percaya dan tidak mau mencobai Allah, melepaskan Dia dari jebakan setan.

Ya Yesus, bantulah kami untuk sungguh percaya pada Bapa yang dinyatakan oleh Roh Kudus,

sehingga kami dengan mantap mampu menghadapi segala macam pencobaan dan

Bersama kuasa Roh Kudus-Mu kami akan menang. Amin.

- Disarikan dari Ziarah Batin 2022



PERATURAN PANTANG DAN PUASA 2022 - KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA

Masa Prapaskah / Waktu Puasa tahun 2022 dimulai pada hari Rabu Abu, 02 Maret sampai dengan Sabtu, 16 April 2022.

“Semua orang beriman kristiani menurut cara masing-masing wajib melakukan tobat demi hukum ilahi” (KHK k.1249). Dalam masa tobat ini Gereja mengajak umatnya “secara khusus meluangkan waktu untuk berdoa, menjalankan ibadat dan karya amal kasih, menyangkal diri sendiri dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban secara lebih setia dan terutama dengan berpuasa dan berpantang” (ibid).

Dalam Arah Dasar KAJ 2022-2026, fokus tahun 2022 penghormatan martabat manusia, semua umat beriman diajak untuk semakin menjunjung tinggi martabat manusia sebagai wujud nyata kasih Allah kepada kita.

Dalam rangka pertobatan dan pembaharuan hidup beriman, Gereja mengajak kita semua untuk mewujudkannya, terutama dalam masa prapaskah ini dengan memperhatikan beberapa ketentuan berikut ini:

Dalam Masa Prapaskah kita diwajibkan :

  1. Berpantang dan berpuasa pada hari Rabu Abu, 02 Maret dan hari Jumat Suci, 15April 2022. Pada hari Jumat lain-lainya dalam Masa Prapaskah hanya berpantang saja.

  2. Yang diwajibkan berpuasa menurut Hukum Gereja yang baru adalah semua orang yang sudah dewasa sampai awal tahun ke-enampuluh (KHK k. 1552). Yang disebut dewasa adalah orang yang genap berumur delapan belas tahun (KHK k. 97 §1).

  3. Puasa artinya: makan kenyang satu kali sehari.

  4. Yang diwajibkan berpantang: semua yang sudah berumur 14 tahun ke atas (KHK k. 1252).

  5. Pantang yang dimaksud disini: tiap keluarga atau kelompok atau perorangan memilih dan menentukan sendiri, misalnya: pantang daging, pantang garam, pantang jajan, pantang rokok.

  6. Kita diajak pula mewujudkan pertobatan ekologis.

Untuk memaknai masa prapaskah ini marilah kita mengusahakan orientasi dan perilaku yang membuat kita semakin bersyukur dan mewujudkannya dalam sikap peduli kepada sesama. Kita usahakan agar suasana tobat dan syukur mewarnai masa penuh rahmat ini.

Kita tetap dapat melakukan pelayanan sakramen-sakramen dengan semangat Gembala Baik dan Murah Hati dalam masa tobat ini. Tetap boleh melayani Sakramen/Pemberkatan Perkawinan dengan memperhatikan suasana tobat terlebih kesederhanaan serta berbelarasa dan berbagi kepada sesama yang miskin, menderita, terpinggirkan dan berkebutuhan khusus.

Semoga dengan menjalani masa Prapaskah ini, iman kita semakin diteguhkan. Kita percaya dengan-Nya persaudaraan kita akan semakin diakrabkan dan pada gilirannya kita semakin berbelarasa terhadap saudara-saudara kita yang menderita.


Jakarta, 22 Februari 2022

† Ignatius Kardinal Suharyo

Uskup Keuskupan Agung Jakarta



IBADAT JALAN SALIB + MISA DALAM MASA PRAPASKAH 2022 (OFFLINE & ONLINE)

Diadakan setiap Jumat malam selama Masa Prapaskah 2022 dimulai Jumat, 04 Maret 2022 dan seterusnya. Umat diundang mengikuti Ibadat Jalan Salib dilanjutkan dengan Misa baik secara Online maupun Offline. Pendaftaran melalui belarasa.id. Bagi yang mengikuti secara Online di Link https://bit.ly/liveSantoLaurensius atau Netciti Channel 227.


PENDAFTARAN CALON KOMUNI PERTAMA 2022

Paroki Alam Sutera membuka Pendaftaran Komuni Pertama tahun 2022. Pendaftaran dibuka tgl 16 Januari 2022 dan akan DITUTUP pada tanggal 13 Maret 2022.

Syarat peserta adalah:

a. Sudah di BAPTIS secara Katolik.

b. Berusia min. 10 th atau duduk di kelas 4 SD th ajaran 2021 / 2022

c. Melampirkan Surat Pengantar dari ketua lingkungan.

d. Mengisi Google Form Pendaftaran Komuni Pertama dan sebelum melakukan pendaftaran silahkan menyiapkan (semua dokumen dalam bentuk pdf):

1. Scan KK Biduk Calon Komuni Pertama

2. Scan Akta Kelahiran Calon Komuni Pertama

3. Scan Surat Baptis Calon Komuni Pertama

4. Scan Surat Pengantar Ketua Lingkungan

5. No Anggota Biduk Calon Komuni Pertama dan Orang Tua

e. Link Pendaftaran : https://forms.gle/fEqjfmLjHdwMvvhS8

f. Pelajaran Komuni Pertama untuk Sekolah yang ditunjuk:

• SD. Santa Laurensia

• SD Tarakanita

• SD Terpadu PAHOA

• SD Stella Maris

akan dilaksanakan sesuai jadwal pelajaran di sekolah masing-masing. Siswa di luar sekolah tersebut di atas, mengikuti pelajaran Komuni Pertama di Kelompok Paroki.

• Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi: Bp. Felisianus Surya Djayadi Winata No. telp. 085100980009

Panitia Komper 2022


PENERIMAAN CALON PRODIAKON BARU DARI MASING-MASING LINGKUNGAN.

Sehubungan dengan pertumbuhan jumlah umat di paroki yang sekarang telah berjumlah lebih dari 17.500 jiwa, rencana pemekaran paroki di Gading Serpong / pembangunan Gereja Santa Perawan Maria Benteng Gading dan bertambahnya jumlah anggota prodiakon senior yang purna tugas, maka kami mengharapkan dari setiap Lingkungan untuk mengirimkan minimal 1 orang calon Prodiakon.

Pendaftaran akan kami tutup tanggal 31 Maret 2022, jadi masih ada waktu 25 hari lagi.


Silahkan calon prodiakon baru mengisi google form ini: https://bit.ly/FormUsulanCalonProdiakon

Surat Persetujuan Istri: https://bit.ly/SuratPernyataandanPersetujuanIstri


Mohon dukungan dan kerjasama dari semua Lingkungan dan para Bapak yang terpanggil dalam pelayanan sebagai Prodiakon Paroki.



PENGUMUMAN DARI TGKP (TIM GUGUS KENDALI PANDEMI) COVID-19 PAROKI ALAM SUTERA – ST. LAURENSIUS

Sehubungan dengan meningkatnya penularan virus covid-19 akhir akhir ini; sebagai langkah preventif dan juga mengikuti himbauan pemerintah, maka memutuskan beberapa hal berikut :

  • Pembatasan usia 18 s/d 59 tahun untuk mengikuti misa offline sejak hari Senin, 14 Februari 2022 dan seterusnya.

  • Mendaftarkan diri utk mendapatkan tiket masuk pada system Belarasa

  • Melakukan Scan Peduli Lindungi di depan pintu masuk gereja.

  • Kondisi kesehatan yang prima tidak sedang mengalami batuk, pilek dan sebagainya.

  • Selalu mengenakan masker selama di kompleks gereja.

Demikian himbauan ini disampaikan.

Semoga Tuhan selalu melindungi dan memberikan anugerah kesehatan bagi kita semua.


PENGUMUMAM PERKAWINAN

Pengumuman Pertama

  1. Fulgensius Jecky dari St. Thomas Aquinas — GS Sektor 1D dengan Dominica Elisa Gozali dari Paroki Slipi, Gereja Kristus Salvator Jakarta

  2. Nicholis Harianto Putra dengan Fransiska Melisa Putri, keduanya dari lingkungan Santo-Clemens — Sutera Cemara


Pengumuman Ketiga

  1. Laurensius Hanssen Hadipranoto dari St. Syrilius - GS Tesla dengan Marfia Cicilia Elvina dari Paroki Kedoya, Gereja St. Andreas Jakarta


Apabila Umat mengetahui adanya halangan rencana Pemberkatan / Sakramen Perkawinan tersebut, umat wajib memberitahukan kepada Pastor Paroki.

----