Warta Salus - 27 Feb 2022

Komsos Paroki Alam Sutera

26 Feb 2022

Hari Minggu Biasa VIII

POHON YANG BAIK MENGHASILKAN BUAH YANG BAIK

Ada beberapa umat mengeluh tentang pastornya. Ada yang mengeluh karena pastornya tidak disiplin, kurang gaul, manja, emosional, dan sebagainya. Pendeknya, pastor yang ada sekarang tidak sesuai kriteria yang diharapkan umat. Dalam sebuah kegiatan kursus pastoral, seorang pastor bertanya kepada beberapa utusan umat dari berbagai paroki: "Apakah mendidik anak zaman sekarang gampang atau susah? dan, spontan para peserta menyahut, "Sangat susah, Romo". Pertanyaan yang sama diulang beberapa kali, dan mereka tetap menjawab yang sama: "sangat susah".

Lalu, Pastor itu mengatakan: "Dari antara anak-anak yang sangat susah bapa ibu didik di rumah, dari situlah muncul calon-calon imam yang akan melayani gereja kita". Kata-kata ini membuat para peserta terhenyak, diam. Setelah jeda sebentar, lalu Pastor itu melanjutkan, barangkali sekarang bapa ibu bisa membayangkan bagaimana sulitnya para formator di Seminari mendampingi dan membentuk anak-anak yang sangat tidak mudah bapak ibu didik meski bersama mereka sejak kecil. Kalau dari rumah anak-anak sudah terbiasa dengan doa dan kedisiplinan, maka tidak akan banyak kesulitan di seminari. Namun, bila di rumah tidak terbiasa disiplin, maka akan sangat sulit juga untuk membiasakan diri di seminari. Sekarang, kita menuntut imam yang disiplin, dan sebagainya, sementara keluarga tidak menyediakan bibit yang baik. Barangkali itu-lah salah satu inti pesan Yesus dalam Injil hari ini, "Tidak ada pohon yang baik yang menghasilkan buah yang tidak baik,…".

Ya Tuhan, Semoga kami mempersembahkan yang terbaik kepada-Mu dan kepada Gereja-Mu.

- disarikan dari Ziarah Batin 2022.



PERATURAN PANTANG DAN PUASA 2022 KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA

Masa Prapaskah / Waktu Puasa tahun 2022 dimulai pada hari Rabu Abu, 2 Maret sampai dengan Sabtu, 16 April 2022.

“Semua orang beriman kristiani menurut cara masing-masing wajib melakukan tobat demi hukum ilahi” (KHK k.1249). Dalam masa tobat ini Gereja mengajak umatnya “secara khusus meluangkan waktu untuk berdoa, menjalankan ibadat dan karya amal kasih, menyangkal diri sendiri dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban secara lebih setia dan terutama dengan berpuasa dan berpantang” (ibid).

Dalam Arah Dasar KAJ 2022-2026, fokus tahun 2022 penghormatan martabat manusia, semua umat beriman diajak untuk semakin menjunjung tinggi martabat manusia sebagai wujub nyata kasih Allah kepada kita.

Dalam rangka pertobatan dan pembaharuan hidup beriman, Gereja mengajak kita semua untuk mewujudkannya, terutama dalam masa prapaskah ini dengan memperhatikan beberapa ketentuan berikut ini:


Dalam Masa Prapaskah kita diwajibkan :

  1. Berpantang dan berpuasa pada hari Rabu Abu, 2 Maret 2022 dan hari Jumat Suci, 15 April 2022. Pada hari Jumat lainnya dalam Masa Prapaskah hanya berpantang saja.

  2. Yang diwajibkan berpuasa menurut Hukum Gereja yang baru adalah semua orang yang sudah dewasa sampai awal tahun ke-enampuluh (KHK k. 1552). Yang disebut dewasa adalah orang yang genap berumur delapan belas tahun (KHK k. 97 §1).

  3. Puasa artinya: makan kenyang satu kali sehari.

  4. Yang diwajibkan berpantang: semua yang sudah berumur 14 tahun ke atas (KHK k. 1252).

  5. Pantang yang dimaksud di sini: setiap keluarga atau kelompok atau perorangan memilih dan menentukan sendiri, misalnya: pantang daging, pantang garam, pantang jajan, pantang rokok.

  6. Kita diajak pula mewujudkan pertobatan ekologis.


Untuk memaknai masa prapaskah ini marilah kita mengusahakan orientasi dan perilaku yang membuat kita semakin bersyukur dan mewujudkannya dalam sikap peduli kepada sesama. Kita usahakan agar suasana tobat dan syukur mewarnai masa penuh rahmat ini.

Kita tetap dapat melakukan pelayanan sakramen-sakramen dengan semangat Gembala Baik dan Murah Hati dalam masa tobat ini. Tetap boleh melayani Sakramen/Pemberkatan Perkawinan dengan memperhatikan suasana tobat terlebih kesederhanaan serta berbelarasa dan berbagi kepada sesama yang miskin, menderita, terpinggirkan dan berkebutuhan khusus.

Semoga dengan menjalani masa Prapaskah ini, iman kita semakin diteguhkan. Kita percaya dengan-Nya persaudaraan kita akan semakin diakrabkan dan pada gilirannya kita semakin berbelarasa terhadap saudara-saudara kita yang menderita.


Jakarta, 22 Februari 2022

† Ignatius Kardinal Suharyo

Uskup Keuskupan Agung Jakarta

INFORMASI PAROKI



MISA / EKARISTI HARI RABU ABU 2022 (OFFLINE & ONLINE) mengawali Prapaskah 2022 Paroki Alam Sutera diadakan hari Rabu, 2 Maret 2022 di Gereja St. Laurensius:

Umat diundang mengikuti Misa Rabu Abu baik secara Online maupun Offline. Pendaftaran Misa Offline melalui belarasa.id mulai Minggu, 27 Februari 2022 pkl 20.00 WIB. Bagi yang mengikuti secara Online di Link https://bit.ly/liveSantoLaurensius atau Netciti Channel 227.

CATATAN: Abu penanda Rabu Abu akan dibagikan ke masing – masing keluarga oleh pengurus lingkungan masing-masing.


IBADAT JALAN SALIB DILANJUTKAN DENGAN MISA KUDUS MASA PRAPASKAH 2022 (OFFLINE & ONLINE) diadakan setiap Jumat malam PUKUL 18.30 WIB selama Masa Prapaskah 2022 dimulai Jumat, 4 Maret 2022 dan seterusnya. Umat diundang mengikuti Ibadat Jalan Salib dilanjutkan dengan Misa tersebut. Umat diundang mengikuti Ibadat Jalan Salib baik secara Online maupun Offline. Pendaftaran Ibadat Jalan Salib melalui belarasa.id mulai Minggu, 27 Februari 2022 pkl 20.00 WIB. Bagi yang mengikuti secara Online di Link https://bit.ly/liveSantoLaurensius atau Netciti Channel 227.


PENGUMUMAN DARI TGKP (TIM GUGUS KENDALI PANDEMI) COVID-19 PAROKI ALAM SUTERA – ST. LAURENSIUS sehubungan dengan meningkatnya penularan virus covid-19 akhir akhir ini; maka sebagai langkah preventif dan juga mengikuti himbauan pemerintah, maka memutuskan beberapa hal :

  • Pembatasan usia 18 s/d 59 tahun untuk mengikuti misa offline sejak hari Senin, 14 Februari 2022 dan seterusnya.

  • Mendaftarkan diri utk mendapatkan tiket masuk pada system Belarasa

  • Melakukan Scan Peduli Lindungi di depan pintu masuk gereja.

  • Kondisi kesehatan yang prima tidak sedang mengalami batuk, pilek dan sebagainya.

  • Selalu mengenakan masker selama di kompleks gereja.

Demikian himbauan ini disampaikan.

Semoga Tuhan selalu melindungi dan memberikan anugerah kesehatan bagi kita semua.


PENDAFTARAN CALON KOMUNI PERTAMA 2022

Paroki Alam Sutera membuka Pendaftaran Komuni Pertama tahun 2022. Pendaftaran dibuka tgl 16 Januari 2022 dan akan DITUTUP pada tanggal 13 Maret 2022.

Syarat peserta adalah :

a. Sudah di BAPTIS secara Katolik.

b. Berusia min. 10 th atau duduk di kelas 4 SD th ajaran 2021 / 2022

c. Melampirkan Surat Pengantar dari ketua lingkungan.

d. Mengisi Google Form Pendaftaran Komuni Pertama dan sebelum melakukan pendaftaran silahkan menyiapkan (semua dokumen dalam bentuk pdf):

1. Scan KK Biduk Calon Komuni Pertama

2. Scan Akta Kelahiran Calon Komuni Pertama

3. Scan Surat Baptis Calon Komuni Pertama

4. Scan Surat Pengantar Ketua Lingkungan

5. No Anggota Biduk Calon Komuni Pertama dan Orang Tua

e. Link Pendaftaran : https://forms.gle/fEqjfmLjHdwMvvhS8

f. Pelajaran Komuni Pertama untuk Sekolah yang ditunjuk:

• SD. Santa Laurensia

• SD Tarakanita

• SD Terpadu PAHOA

• SD Stella Maris

akan dilaksanakan sesuai jadwal pelajaran di sekolah masing-masing. Siswa di luar sekolah tersebut di atas, mengikuti pelajaran Komuni Pertama di Kelompok Paroki.

• Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi: Bp. Felisianus Surya Djayadi Winata No. telp. 085100980009

Panitia Komper 2022


KURSUS EVANGELISASI PRIBADI ANGKATAN IX

Paroki Alam Sutera mengadakan kembali KEP Angkatan 9 setiap Rabu malam, pkl 19.15 WIB mulai 16 Maret – 30 November 2022 (Online via Zoom). Pendaftaran dibuka tanggal 1 Jan – 28 Feb 2022. Terbuka untuk umum. Biaya Partisipasi Rp.150.000 (diluar biaya Retret) melalui VA 057300000302 (a/n KKS2 Laurensius). Kirim WA Bukti Transfer ke MAUREEN (0819-0563-4468) dan Lenny Winata (0815-1884-838) atau daftar online SHORTURL.AT/KH079

Marilah kita memulai Pelayanan Evangelisasi dari dalam diri sendiri (secara pribadi) untuk selanjutnya dapat juga membagikan Kasih Tuhan kepada orang-orang di sekitar kita. Yoh 5:17 Inilah perintah-KU kepa-damu: ― Kasihilah seorang akan yang lain.



PENGUMUMAN PERKAWINAN

Pengumuman Kedua

  1. Laurensius Hanssen Hadipranoto dari St. Syrilius - GS Tesla dengan Marfia Cicilia Elvina dari Paroki Kedoya, Gereja St. Andreas Jakarta


Apabila Umat mengetahui adanya halangan rencana Pemberkatan / Sakramen Perkawinan tersebut, umat wajib memberitahukan kepada Pastor Paroki.