Perkembangan Gereja Santa Perawan Maria Benteng Gading

Komsos Paroki Alam Sutera

2 Jan 2022

Peletakan Batu Pertama Gereja Santa Perawan Maria Benteng Gading

Perkembangan Pembangunan Gereja Santa Perawan Maria Benteng Gading

Perkembangan umat Paroki Alam Sutera telah terjadi dengan sangat pesat, terutama untuk area Gading Serpong dimana 60% dari seluruh umat paroki berasal. Sehingga wacana untuk membangun gereja baru di area Gading Serpong menjadi suatu prakarsa yang sungguh tepat. Rencana tersebut diawali dengan pembelian sebidang tanah tahun 2011, seluas 10.600 m2, di Medang, Pagedangan, Gading Serpong, dekat klaster Alicante dengan dana pinjaman dari Paroki BSD, para dermawan dan KAJ. Dengan partisipasi umat yang luar biasa, Panitia Pembangunan Gereja Santa Perawan Maria Benteng Gading akhirnya dapat mengumpulkan dana yang cukup guna melunasi hutang di atas dan bahkan berhasil menambahkan bidang tanah untuk memudahkan akses ke jalan raya sehingga luas keseluruhan menjadi 11.222 m2. Berbagai upaya dilakukan, selain berupa amplop dan kolekte, kartu lingkungan; Panitia juga berhasil mengumpulkan dana melalui berbagai ragam kegiatan seperti seminar, penjualan merchandise, kupon dan koin peduli kasih, charity golf tournament, fun walk bahkan melalui penjualan duren dan sebagainya.


Saat ini, penggalangan dana dipusatkan ke penjualan kavling gereja yang akan digunakan untuk membangun gereja. Dengan penuh rasa syukur setelah IMB didapat dan design gereja telah disetujui oleh Kuria KAJ, peletakan batu pertama telah dilakukan tanggal 18 November 2021 lalu. Acara diawali dengan ibadat doa untuk pemberkatan Batu Pertama dan Prasasti yang dipimpin oleh Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo dan didampingi oleh para Romo Paroki Alam Sutera, RD Yohanes Hadi Suryono, RD B Hardijantan Dermawan dan RD Victorius Rudy Hartono. Ibadat juga dihadiri oleh Dewan Harian Paroki Alam Sutera dan Panitia Pembangunan Gereja Santa Perawan Maria Benteng Gading.

Peletakan Batu Pertama dilakukan bersama Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dan Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, disaksikan joleh Wakil Bupati Nias Barat, Dr. Era-Era Hia MM. M.Si, Kasdim 0510, Kapolsek Pagedangan, Camat Pagedangan, Ketua FKUB Tangerang, KH Maski, Pimpinan Paramount, Pimpinan Summarecon dan para undangan lainnya.


Peletakan Batu Pertama oleh Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dan Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, telah dilakukan pada tanggal 18 November 2021.


Dengan dimulainya pembangunan gereja yang telah diperjuangkan begitu lama, Panitia Pembangunan Gereja saat ini fokus untuk menggalang dana dengan lebih giat lagi agar pembangunan dapat berjalan berkesinambungan dengan dana yang memadai. Sebagaimana disampaikan oleh Romo Paroki Alam Sutera, RD Yohanes Hadi Suryono, pembangunan gereja ini adalah tanggung jawab kita semua untuk berjalan bersama-sama ke depan guna menyelesaikan tugas pembangunan gedung gereja ini dengan hati yang gembira. ​ Marilah kita dukung prakarsa pembangunan ini dengan dana, pikiran dan doa agar gereja dapat dibangun dengan baik dan lancar serta bermanfaat bagi masyarakat di Gading Serpong.