Seksi Kerasulan Keluarga

Seksi Kerasulan Keluarga Paroki (biasa disingkat SKK Paroki) merupakan salah satu Seksi di dalam Paroki yang berkoordinasi dengan Komisi Kerasulan Keluarga – Keuskupan Agung Jakarta (KomKK-KAJ).  Sesuai dengan namanya maka SKK Paroki melayani yang terkait dengan keluarga, baik sebelum terbentuk keluarga inti maupun setelah terbentuk keluarga inti. SKK melayani para pasangan muda yang sedang berpacaran serius, akan menikah serta pasutri yang sudah menikah dan juga konseling.
SKK juga diharapkan bisa melayani pendampingan kepada keluarga katolik di paroki agar menghayati perkawinan dan hidup berkeluarga sesuai kehendak Allah serta menjalankan peranan keluarga di dalam masyarakat berdasarkan keteladanan Keluarga Kudus.

holy-family-nazareth-sacred-religion-fam

Gambaran Keluarga Kudus antara lain merujuk kepada keteladanan Bunda Maria dan Santo Yusuf, yaitu:
 

Teladan Bunda Maria: 
•    Iman yg kuat, kerendahan hati dan menjadi saluran berkat
•    Pandai mengucap syukur, tangguh berjuang demi keluarga
•    Mencintai anak tanpa pamrih

 

Teladan Santo Yusuf: 
•    Setia kepada Tuhan, tulus hati (mencintai anak dan istri)
•    Bertanggung jawab, sedikit berbicara namun banyak mendengar
•    Tegar dan tangguh menghadapi tantangan (Adversity Quotient)

 

SKK Paroki juga sangat terbantu dengan adanya SKK Lingkungan di tiap Lingkungan serta komunitas keluarga seperti Marriage Encounter dan Couple For Christ.

Pelayanan di SKK Paroki Alam Sutera

Misa Hari Ulang Tahun Perkawinan (HUP):

Misa HUP bertujuan agar para pasutri bisa memperbaharui/ menyegarkan . Sehingga diharapkan relasi pasutri bisa terjaga dengan baik. Misa HUP di paroki Alam Sutera diadakan SETIAP bulan pada akhir minggu dengan mengikuti perayaan ekaristi mingguan di paroki (jadwal Misa HUP bisa diperoleh di Sekretariat Paroki atau melalui media sosial yang ada).

 

Misa WMD (setiap tahun di bulan Februari):

Untuk memeriahkan adanya Hari Perkawinan Sedunia yang jatuh pada hari Minggu ke 2 di bulan Februari, maka SKK Paroki Alam Sutera juga selalu mengadakan Misa Hari Perkawinan Sedunia (World Marriage Day) yang bisanya pelaksanaannya digabung dengan Misa HUP bulan Februari.

 

Discovery:

Program DISCOVERY ditujukan untuk pasangan yang masih menjalin relasi pacaran secara serius namun belum memutuskan untuk menikah. Discovery sebagai salah satu program SKK guna mendukung rencana karya Keuskupan Agung Jakarta didalam menekan angka pisah relasi yang masih jauh dari waktu perkawinan, sehingga diharapkan pasangan dapat memahami diri sendiri, pasangan, pola komunikasi, dll sebelum akhirnya memutuskan menikah dengan pasangannya. Ada 5 sesi di dalam Discovery yang diberikan kepada pasangan, yang diadakan dengan pola LOKAKARYA serta dipenuhi dengan DIALOG antar pasangannya.

Love and Happiness

Discovery 1

12 Feb 2022

Couple on Date

Discovery 2

23 Apr 2022

Holding Hands

Discovery 3

13 Aug 2022

Young Couple

Discovery 4

15 Oct 2022

Program Persiapan Perkawinan - Membangun Rumah Tangga (MRT)

Ada perbedaan yang sangat besar antar program MRT dengan program Discovery.

MRT adalah program yang diberikan kepada pasangan yang sudah akan menikah, dan juga merupakan prograsm WAJIB diikuti sebelum para calon nikah memasuki tahap PENYELIDIKAN KANONIK. Penyelidikan Kanonik itu sendiri merupakan tahapan wajib dilalui oleh para calon nikah sebelum mendapatkan Pemberkatan Perkawinan di gereja. Pola MRT sama seperti Discovery yaitu dengan pola LOKAKARYA serta dipenuhi dengan DIALOG antar pasangannya. Ada 12 sesi dalam Program Persiapan Perkawinan – MRT ini sehingga diharapkan para calon nikah dapat kebih mempersiapkan relasi dalam perkawinannya dengan pasangannya mulai dari pengenalan diri dan pasangannya, komunikasi yang baik dan sehat, rencana pengaturan keuangan dalam keluarga serta pengaturan kelahiran dan lainnya.

01

MRT - 1

19 & 20 Mar 2022

02

MRT - 2

21 & 22 May 2022

03

MRT - 3

16 & 17 Jul 2022

04

MRT - 4

17 & 18 Sep 2022

05

MRT - 5

19 & 20 Nov 2022

Bridal Bouquet
Happy Couple
Happy Couple

Kunjungan Keluarga

SKK Paroki bersama dengan  Pastor Paroki mengunjungi keluarga setiap hari Selasa dan Jumat agar umat berkesempatan untuk dialog dengan pastor paroki serta mendapatkan berkat. Dengan kunjungan keluarga maka pastor berkenan MENYAPA umat dalam satu keluarga secara langsung, dimana pastor akan terlibat dialog secara santai dengan keluarga yang dikunjungi. 

Konseling (sesuai dengan perjanjian)

Konseling yang diadakan oleh SKK Paroki adalah Konseling Pra Nikah dan Konseling Keluarga. Konselor yang ada merupakan psikolog profesional dan konselor awam yang sdh diberikan pelatihan oleh KomKK-KAJ. Konselor sudah diberikan juga pelatihan tentang Hukum Kanonik gereja sehingga konselor akan memberikan konseling yang berdasarkan ajaran gereja katolik. 

Menjadi Orang Tua Katolik / MOKa

Program MOKa adalah program katekese keluarga dimana pasutri akan diberikan materi bagaimana menjadi Orangtua secara Katolik dan dilengkapi dengan materi Self Donative Parenting. SKK Paroki membagi kelompok Orangtua Katolik menjadi beberapa segmen, yaitu:

  • MOKa 0 sd 8 thn : Segmen Orangtua yang masih mempunyai anak dalam kandungan sampai dengan balita. Senada dengan Baptisan Bayi.

  • MOKa 8 sd 12 thn : Segmen Orangtua yang masih mempunyai anak dalam usia 9 sampai dengan 12 tahun. Senada dengan Komuni Pertama.

  • MOKa 12 sd 18 thn : Segmen Orangtua yang masih mempunyai anak dalam dalam usia 12 sd 18 tahun. Senada dengan Krisma.

  • MOKa Dewasa Muda : Segmen Orangtua yang masih mempunyai anak usia dewasa muda (di atas 18 tahun)

Sosialisasi Bulan Keluarga

Sejak 2012 masa Adven diberi nama BULAN KELUARGA. Yang pada intinya  keluarga diajak untuk ikut serta terlibat dalam acara di Bulan Keluarga tersebut, sehingga seluruh anggota keluarga diajak untuk bersama-sama mengikuti dan melakukan aktivitas (mulai anak-anak, orang tua sampai umat senior/ lansia).
Masa penantian kelahiran Tuhan Yesus Kristus akan lebih tepat bila dilakukan dalam keluarga, dimana diharapkan juga masa penantian tersebut dalam kondisi BAHAGIA/ SENANG/ SUKACITA, oleh karena itu di dalam kegiatan Bulan Keluarga selalu ada aktivitas keluarga.
Isi dari kegiatan Bulan Keluarga (masa adven) juga bernuansa untuk keluarga yaitu adanya AKTIVITAS bersama keluarga.
Kegiatan Bulan Keluarga dimulai pada saat adven dimulai sampai dengan sebelum malam natal.

Misa Awal Tahun

Guna mempersiapkan pelayanan pastoral keluarga sebagai Pemerhati Keluarga, maka diawal tahun sebelum melaksanakan program yang sudah dibuat sejak sebelum Rapat Karya, maka SKK Paroki mengadakan Misa yang diberi nama Misa Awal Tahun. Dalam hal ini SKK Paroki mengajak komunitas keluarga untuk mengikuti Misa Awal Tahun secara bersama-sama yaitu komunitas Marriage Encounter (ME) paroki Alam Sutera dan komunitas Couple For Christ (CFC) paroki Alam Sutera serta pasutri SKK Lingkungan.

Kegiatan lainnya yang terkait dengan relasi keluarga:

  • Gathering Keluarga SKK Paroki (setidaknya setahun sekali)

  • Mengikuti kegiatan yang diadakan oleh KomKK-KAJ seperti:  ToT Disc, ToT MRT, ToT MOKa, PDPK, PAKEL, KPK, Pembekalan Ketua SKK se KAJ, Pertemuan SKK Paroki se dekanat, dll.

  • Rekoleksi Keluarga/ Seminar Keluarga 

Siapa saja yang bisa menjadi anggota SKK Paroki:

  • Setiap pasutri umat paroki yang mempunyai perhatian kepada keluarga (selanjutnya disebut sebagai Pemerhati Keluarga)

  • Mempunyai Komitmen terhadap pelayanan keluarga

  • Pada kenyataannya banyak anggota SKK yang juga merupakan anggota komunitas/ kategorial keluarga seperti Marriage Encounter (ME) dan Couple For Christ (CFS). Kontribusi ME dan CFC sangat besar dalam kemajuan SKK paroki Alam Sutera. 

  • Selain sebagai anggota, kami juga membentuk Fasilitator untuk program pelayanan DISCOVERY dan MRT serta MOKa yang bisa saja sebagai anggota SKK atau tidak menjadi anggota SKK, namun berkomitmen membantu sebagai fasilitator ke 3 pelayanan tersebut di atas.

Apakah Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut? Silahkan kunjungi halaman FAQ kami

Contact:

sie.kerasulan.keluarga@santo-laurensius.org

HOTLINE Konseling +62 - 856-1631-899