Makin Adil Makin Beradab

Logo dan Maknanya untuk Tema 2017
Keuskupan Agung Jakarta (KAJ)
“Makin Adil – Makin Beradab”

Logo terdiri dari tagline Arah Dasar 2016-2020 KAJ “Amalkan Pancasila” berwarna abu-abu sebagai warna permanen simbol komitmen -ketetapan hati; dan tema Pastoral Evangelisasi 2017 “Makin Adil – Makin Beradab” berwarna hijau, tanda semangat kesegaran dalam melangkah demi keutuhan ciptaan; serta visual dengan warna-warna dinamis yang mengandung arti:

1. Bentuk Gunungan merah dan kuning keemasan mengerucut ke atas melambangkan kehidupan manusia yang bergerak menuju kepada Allah. Dibuat seperti Mitra sebagai simbol kepemimpinan Bapak Uskup dalam peziarahan ini. Bentuk ini juga merupakan simbol (a) Roh Kudus; tetesan darah dan embun kehidupan yang berpihak pada kemanusiaan; (b) konfigurasi visual di dalamnya membentuk wajah manusia Pembawa Kabar Sukacita Injil yang bergembira.

2. Timbangan berwarna kuning keemasan dan aksentuasi/penegasan berwarna putih menjadi simbol semangat dan landasan hidup berkeadilan. Tampak membentuk Salib sebagai tanda siap berkorban demi keadilan.

3. Kepala Burung Garuda simbol keberanian, pantang menyerah, setia, selalu mengarahkan diri pada kebaikan dan kebenaran. Menyiratkan bentuk kepala lambang Garuda Pancasila.

4. Tangan berwarna coklat menjadi simbol umat Keuskupan Agung Jakarta yang bahu-membahu berkarya membangun keadaban publik agar martabat manusia ditinggikan, terciptanya perlakuan yang adil terhadap sesama manusia, dan saling menghormati, menghargai sesama manusia yang memiliki rasa, cipta, cinta, karsa, dan keyakinan.

5. Mata rantai kuning keemasan yang saling berkait mengingatkan kita pada simbol Sila Kedua Pancasila sebagai fokus Pastoral Evangelisasi 2017 yaitu menghayati dan mewujudkan “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”.

Demikian makna Logo Tema Pastoral Evangelisasi 2017 KAJ.

http://www.hidupkatolik.com/2016/12/19/logo-dan-maknanya-untuk-ardas-kaj-tahun-2017/